Anak Muda Yang Mampu Merobah Dunia Interaktif

1. Mark Zuckerberg (kini 25 tahun/asal AS)
(siapa yang tidak kenal facebook??) Ketika menciptakan jaringan sosial Facebook, Mark Zuckerberg baru berusia 19 tahun. Ia mencipta Facebook untuk membantu membangunkan jaringan sosial bagi remaja di kampusnya pada saat itu, University Harvard, Amerika Serikat.

Kini, Facebook merupakan jaringan sosial terbesar kedua setelah MySpace. Di bawah pimpinannya, site ini terus tumbuh hari demi hari. Jutaan pengguna baru terus mendaftar setiap bulan!

2. Steve Shih Chen (31 tahun/Taiwan- AS), Jawed Karim (30 tahun/Jerman- AS), Chad Hurley (32 tahun/AS)
Keduanya adalah pencipta dari site “video online”, YouTube. Mereka mendirikan YouTube pada 2005. Ketika itu, Chad berusia 28 tahun dan Steve 27 tahun.

Pada Oktober 2006, YouTube diakuisisi (diambil alih pemilikannya) oleh Google. Nilainya: 1,65 miliar dollar AS.

3. Jerry Yang (40 Tahun/Taiwan- AS) dan David Filo (42 tahun/AS)
Pada tahun 1995, kedua orang ini menemukan Yahoo!, site mesin pencari kedua terbesar setelah Google. Saat itu, Jerry berusia 26 tahun dan Filo 28 tahun.

Tahun lalu, perusahaan raksasa Microsoft sempat ingin membeli Yahoo!. Nilai tawaran yang dibicarakan: 44,6 miliar dollar AS .Rancangan ini memang batal. Setelah itu, Microsoft dan Yahoo! tidak nampak akan kemungkinan berkerja sama di masa mendatang.

4. Matt Mullenweg (25 tahun/AS)
Matt Mullenweg adalah pencipta site penyedia blog: WordPress. Ia mulai baru berusia 19 tahun ketika mulai mencipta blog ini.

WordPress menjadi popular dalam waktu singkat. Alasannya, site ini mudah dipakai dan selalu diperbarui. Hingga tahun 2008, tercatat ada 230 juta pengakses tetap dengan 6,5 juta halaman WordPress yang boleh dilihat. Lalu, ada 35 juta posting baru dengan tambahan rata-rata empat juta posting setiap bulan.

Matt, yang pernah datang ke Jakarta pada Januari 2009 ini mengatakan, ia tidak akan menjual WordPress ke perusahaan besar dengan harga’ selangit’. Ia juga berkata, tidak mencari keuntungan dari WordPress. Keuntungan sudah ia dapatkan dari beberapa perusahaan, yang dimilikinya.

5. Tom Anderson (38 tahun/Amerika Serikat)
Tom Anderson merilis MySpace pada bulan Agustus 2003. Tom berusia kurang dari 30 tahun ketika menciptakan MySpace.

Saat ini, MySpace adalah salah satu site jaringan sosial paling besar di dunia, yang bersaing ketat dengan Facebook. MySpace telah digunakan lebih dari 100 juta orang, dengan pengguna terbesar berasal dari kawasan Amerika Serikat.

Kelebihan MySpace terletak pada bidang muzik. Ketika perisian terbaru (iaitu “audio streaming” percuma) dilancarkan pada 25 September 2008, hanya dalam beberapa hari saja, ada jutaan lagu yang didengarkan oleh para penggunanya. Kelebihan ini membuat banyak orang mengatakan bahawa MySpace mampu mempengaruhi industri muzik di internet.

6. Blake Aaron Ross (23 tahun/AS)
Blake Ross adalah pemuda genius yang menciptakan Mozilla, perisian carian internet. Mozilla dilancarkan untuk umum pada November 2004. Saat itu, usia Blake baru 19 tahun!

Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox, program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt. Maka, setelah itu, namanya menjadi Mozilla Firefox.

Dengan cepat, Mozilla Firefox diterima para pengguna internet di dunia. Ia, antara lain, dinilai lebih aman dan mudah dipakai (dibandingkan dengan para pesaingnya) . Ia juga dinilai mampu merebut sebahagian market perisian carian internet, yang selama ini dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer.

Banyak orang memuji kejayaan Blake Ross. Director engineering Yayasan Mozilla, Chris Hoffman, mengatakan, “Dalam dunia ‘Open Source’, posisi seseorang tergantung pada keahliannya. Dan Blake Ross memiliki semua keahlian yang diperlukan.”

7. Pierre Omidyar (41 tahun/Perancis- AS)
Pierre Omidyar memperkenalkan eBay pada 4 September 1995. Saat itu, usianya 28 tahun.

eBay adalah situs lelong online. Awalnya, Pierre membuat eBay untuk menolong seorang teman dekat yang ingin menjual sebuah produk. Namun, tak lama kemudian, eBay berkembang pesat menjadi lahan bisness yang amat prospektif. Kini, eBay adalah site lelong online terbesar di dunia.

Menurut Pierre, dalam sebuah wawancara, kejayaan eBay tidak lepas dari dua hal. Pertama, kuatnya komuniti penjual dan pembeli, yang jumlahnya mencapai ratusan juta orang. Kedua, nilai-nilai baik yang dianutnya. Dalam bisnis, eBay percaya bahwa pada dasarnya setiap manusia itu baik dan setiap orang memiliki suatu keunggulan yang boleh diberikan kepada orang lain. Selain itu, eBay percaya bahwa kejujuran dan keterbukaan mampu membawa kebaikan pada diri manusia. Maka, aturan “emas” eBay adalah mengakui dan menghormati setiap orang sebagai individu yang unik. eBay pun berharap para anggotanya mampu mengikuti contoh yang diberikan.

8. Larry Page (36 tahun/AS) dan Sergey Brin (35 tahun/AS)
Keduanya merilis Google pada 4 September 1998. Saat itu, mereka baru berusia 25 tahun dan 24 tahun. Google, mesin pencarian yang mampu menampilkan segala jenis informasi ini, disukai banyak orang – terutama para mahasiswa. Maka, hanya dalam tempoh waktu beberapa tahun saja, Google bisa berkembang amat pesat dan meraup keuntungan jutaan dollar AS. Kini, Google bisa disebut sebagai mesin pencari nombor satu di dunia.

Kisah kejayaan Larry Page dan Sergey Brin dalam menciptakan dan mengembangkan Google telah menjadi inspirasi bagi banyak orang muda di dunia ini, khususnya para penggemar teknologi informasi. Mereka berharap mampu membuat program baru yang berguna bagi masyarakat dunia dan menguntungkan dari segi kewangan.

About Me

My photo
aku suka..fishing..ikan..beli baju suar n kasut..men bola..futsal..tennis..cameraku..laptopku..kereta personaku..cuti-cuti malaysia...InsyaAllah aku akan update blog nih bila rasa nak update..hehe.. =P
There was an error in this gadget

Followers